Sabtu, 20 Oktober 2018

Bawaslu Ogan Ilir Peringati Parpol Untuk Menertibkan APK Terkait


Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir menemukan banyak calon legislatif (caleg) yang melanggar peraturan terkait alat peraga kampanye (APK). Bawaslu OI telah melakukan pendataan dan menyurati Partai politik untuk melakukan penertiban sendiri.
.
"Kita sudah layangkan surat pemberitahuan, ke pihak parpol, terkait maraknya atribut alat peraga kampanye Apk yang tersebar yang merupakan buatan caleg (calon legislatif) bukan buatan parpol, jadi apa bila tidak ada tindakan dari parpol, maka kita bersama Pol PP akan melakukan penertipan,"kata Ketua Bawaslu OI Iskandar saat diwancarai diruang kerjanya, Kamis (18/10).
.
Ketua Bawaslu OI menegaskan kepada para caleg untuk menaati peraturan PKPU dan Surat Edaran KPU RI terkait APK.
.
"Dalam Undang-undang, caleg bukan peserta pemilu, caleg adalah bagian dari partai. Oleh karena itu caleg tidak boleh bikin spanduk atau pun baliho sendiri," terangnya.

Dirinya menghimbau kepada Parpol untuk memberikan contoh desain Apk, dalam peraturan PKPU, harus disampaikan parpol ke KPU.
.
"Jadi APK itu bukan produk caleg sendiri tapi memalui parpol, oleh karena itu kita juga berharap kepada parpol agar memberikan pemahaman kepada caleg nya," jelasnya.

Sumber : Detik Sumsel
Facebook @oganilirterkini

Artikel ini diterbitkan dengan itikad baik dan sebatas bacaan yang Informatif. Tak ada jaminan apa pun perihal kelengkapan dan keakuratan informasi ini. Sebagian berita merupakan saduran dari media pemberitaan lainnya. Jika terdapat sanggahan, sangkalan atau apapun terkait dengan berita ini dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera dibagian bawah halaman.

0 Please Share a Your Opinion.: