Beberapa Perhiasan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Ditemukan Warga Tulung Selapan

Oktober 20, 2018

Warga Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan digegerkan penemuan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Ada emas, perunggu, dan giok dalam berbagai bentuk.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, Senin (11/9/2017), sampai saat ini warga masih mendatangi lokasi penemuan yang merupakan bekas lahan terbakar itu untuk mencari keberuntungan.

Pihak terkait masih melakukan penelitian untuk menetapkan kawasan tersebut sebagai situs cagar budaya peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Lokasi penemuan harta karun Sriwijaya (Dok Kasubbag Media dan Kom Kab OKI)
Kasubbag Media Komunikasi Publik Pemkab OKI Adiyanto menyebut tempat penemuan emas dan barang-barang bersejarah diduga sebagai dermaga saat masa kerajaan di Talang Petai, Tulung Selapan. Bahkan, sejak 2015, warga sudah memburu barang-barang yang menjadi bukti sejarah bekas dermaga tersebut.

"Dari tahun 2015 itu sudah ada penemuan beberapa barang-barang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya saat mencari ikan. Ada yang menemukan emas berupa gelang, perunggu, prasasti, giok, dan bekas perahu yang sudah sangat tua," sebutnya saat dimintai konfirmasi detikcom.

Dari 2015 itu, warga sempat berhenti melakukan pencarian karena tidak lagi ditemukan barang berharga berupa emas dan sebagainya. Namun, sejak dua minggu terakhir, warga kembali digegerkan oleh penemuan gelang emas dan perhiasan lain di kawasan tersebut.

"Yang terbaru kemarin ini warga Jaya Makmur, OKI, menemukan emas berupa cincin dan pernik-pernik perhiasan pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Jika ada yang memiliki nilai sejarah, langsung kita selamatkan dan beli dari masyarakat untuk penelitian lebih lanjut. Peneliti dari Balai Arkeologi Palembang dan Balai Penelitian Cagar Budaya (BPCB) Jambi juga sudah datang beberapa hari lalu untuk meneliti di kawasan tersebut," sambungnya.

Gelang batu giok dan perunggu (Dok Kasubbag Media dan Kom Kab OKI)
(fay/imk)
https://news.detik.com/berita/d-3637556/geger-penemuan-harta-karun-kerajaan-sriwijaya

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images