Jumat, 19 Oktober 2018

7 Hal Terbaik Dan Menarik Tentang Kota Palembang

LRT Palembang Terbaik dan Pertama Di Indonesia

Kota Palembang selalu menarik untuk dibahas, bukan hanya soal pempeknya saja. Palembang mempunyai banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Kota Palembang juga menjadi salah satu kota diselenggarakannyan ASEAN Games 2018. Masih banyak fakta unik soal Kota Palembang yang menjadikan lebih istimewah. Berikut adalah 7 fakta unik kota Palembang. 

1. Palembang Adalah Kota Tertua dan Terbaik di Indonesia

Image: suryapost.com

Tahukah kamu, ibukota Sumatera Selatan ini adalah kota tertua di Indonesia. Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, diketahui kota berpenduduk mayoritas Islam ini sudah menjadi sebuah kota pada 16 Juni 688 Masehi. Jadi memang kota Palembang ini menjadi kota tertua di Indonesia yang masih bertahan dan terus berkembang.

2. Sungai Musi Salah Satu Sungai Terbaik DI Indonesia

Image: kompas.com

Kota Palembang mendapatkan julukan sebagai kota Venisia dari Timur. Julukan ini disematkan oleh dunia barat, hal ini nggak lain dan nggak bukan karena sungai Musi yang mengalir mengelilingi kota. Pemandangan atau keadaan ini seperti layaknya kota Vinisia. Sayangnya bangunan di tepi sungai kurang terawat, berbeda dengan Venesia yang tertata rapi dan menjadi objek wisata.

Menurut Wikipedia penamaan kota ini diambil dari bahasa Melayu yang terdiri dari “Pa” dan”Lembang”. “Pa” di sini memiliki arti tempat atau situasi. Sementara “Lembang” berarti tempat yang selalu dibanjiri air sepanjang waktu. Palembang berarti tempat yang selalu dibanjiri air, sangat cocok kan dengan julukan Venice of the East bukan?

3. Songket Merupakan Ratunya Kain Terbaik Asli Indonesia

Image: http://jualsongketpalembang.com/

Hampir setiap bagian di Indoneisa memiliki kain tradisional atau kain khas. Kota Palembang sangat terkenal dengan kain songket. Keindahan songket sudah diakui dunia karena memang bentuknya yang sangat cantik. Songket adalah salah satu peninggalan Kerjaan Sriwijaya, di antara semua kain tenun kain songket disebut-sebut sebagai ratunya kain.

Pada masa kerjaan kain songket dipakai sebagai adat kerjaan, hal ini lah yang membuatnya semakin istimewa. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat songket juga tak kalah istimewa. Ada beberapa kain songket yang terbuat dari emas, sehingga harga jualnya tentu bernilai sangat tinggi.

4. Pempek Juga termasuk Makanan Terbaik

Image: Kaskus

Wajar jika pengaruh salah satu kerjaan Budha terbesar di dunia bernama Sriwijaya masa ada sampai sekarang. Secara tak langsung, pengaruh Tiongkok masih bisa dirasakan dalam kebudayaan Palembang. Kain songket mislanya, kain ini seringkali dibuat dengan warna merah dan emas.

Dua warna khas Tiongkok ini masih kental dan bisa ditemukan di kain songket khas Kota Palembang. Begitu pula dengan makana khas Palembang seperti pempek, dimana sebenarnya penemunya adalah seseorang dari Tiongkok.

5. Orang Tiongkok Terbaik Pernah Di Palembang

Image: Antaranews.com

Salah satu hal yang tidak kalah unik adalah cara masuknya agama Islam ke Palembang juga dipengaruhi oleh orang-orang Tiogkok. Kisah panjang soal masuknya agama Islam ke Palembang bisa ditemukan di berbagai buku sejarah. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah seorang kasim Tiongkok dari provinsi Yunan yang bernama Cheng Ho.

Cheng Ho adalah seorang kasim muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok. Kasim ini seringkali berlayar ke berbagai daerah Asia salah satunya adalah Palembang. Salah satu pelayaran Laksamana Cheng Ho yang paling terkenal adalah yang dilakukannya di Samudera Indonesia. Dari sinilah agama Islam masuk dan mulai menyebar di Palembang.

6. Jembatan Ampera Salah Satu Jembatan Terbaik di Indonesia

Image: hellopalembang.com

Jembatan Ampera merupakan satu-satunya jembatan yang bisa diangkat di Indonesia dengan cara membelah jembatan tersebut jadi dua. Jembatan yang menghubungkan antara dua daerah ini masih beroperasi sampai saat ini.

Walaupun sudah jarang diangkat, jembatan Ampera ini masih aktif dilintasi kendaraan. Pada awalnya jembatan ini diangkat agar kapal yang melintas tidak tesangkut di badan jembatan. Namin sejak tahun 1970, jembatan Ampera tidak lagi diangkat karena dianggap menganggu lalu lintas di atasnya.

7. Stadion Gelora Sriwjaya - Jakabaring

Image: viva.co.id

Keunikan terakhir dari Kota Palembanga dalah stadion Gelora Sriwijaya. Bentuk stadion ini sendiri jika diperhatikan mirip dengan layar perahu terkembang. Sesuai dengan sejarah Palembang dimana dulu dikenal sebagai tempat pelabuhan dan kemegahan Kerjaan pada masa lampau.

Nah inilah 7 keunikan yang bisa kamu temukan di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Makin penasaran sama Palembang? Yuk langsung saja jalan-jalan di kota pempek ini. Sudah pernah ke Palembang? Bagi pengalamanmu dengan ShopBackers lain dengan ikutan komen di kolom di bawah ini!

Editor: Nimas Arini
Featured image: pixabay.com
https://www.shopback.co.id/blog/7-fakta-unik-kota-palembang-yang-membuat-palembang-istimewa

Artikel ini diterbitkan dengan itikad baik dan sebatas bacaan yang Informatif. Tak ada jaminan apa pun perihal kelengkapan dan keakuratan informasi ini. Sebagian berita merupakan saduran dari media pemberitaan lainnya. Jika terdapat sanggahan, sangkalan atau apapun terkait dengan berita ini dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera dibagian bawah halaman.

0 Please Share a Your Opinion.: