Minggu, 21 Oktober 2018

Lapas Kelas 3 Banyuasin Gunakan Stempel UV Untuk Menertibkan Pengunjung


Dalam rangka meningkatkan kenyamanan pelayanan dan ketertiban pengunjung, Lapas Banyuasin menerapkan dua inovasi terbaru, di antaranya sendal khusus pengunjung dan stempel sinar Ultraviolet (UV).

Dikatakan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banyuasin Reza Yudhistira Kurniawan, A.Md.IP, SH, M.Si, sandal khusus pengunjung ini bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas.

"Pengunjung maupun warga binaan memiliki banyak sekali cara atau modus operandi untuk memasukan barang terlarang seperti Narkoba dan hal-hal lainnya ke dalam sepatu atau sandal, untuk itu kita antisipasi dengan menyediakan sandal di ruang tunggu kunjungan untuk dipakai sebelum masuk ke dalam Lapas," ungkapnya.

Demikian pula dengan Cap/ Stempel UV, Alumnus Akademi Ilmu Pemayarakatan ini menambahkan, Stempel UV ini adalah inovasi Lapas Banyuasin untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta mencegah warga binaan agar tidak menyelinap di antara pengunjung yang keluar karena antara pengunjung dan warga binaan dibedakan berdasarkan Stempel yang diberikan oleh petugas P2U.

"Stempel ini tidak dapat dilihat dengan kasat mata, melainkan butuh Senter sinar Ultraviolet untuk melihatnya," pungkasnya.

Lebih lanjut Reza mengatakan, Lapas Banyuasin merupakan satu-satunya UPT di Sumatera Selatan yang menerapkan program ini.

"Saya rasa, untuk di wilayah Sumatera Selatan, baru UPT Lapas Banyuasin yang menerapkan inovasi ini," tambahnya.

Senada dengan Kalapas, Efriansyah salah penjaga pintu utama (P2U) berterimakasih sekali dengan program sendal kunjungan ini karena dapat memudahkan pemeriksaan.

"Sepatu atau sendal dari luar menjadi salah satu tempat yang dicurigai masuknya barang-barang yang terlarang", ungkapnya.

Selain itu, Stempel UV disebut Efri dapat meningkatkan keamanan dan kebersihan pengunjung.

"Stempel UV seperti ini tidak dapat diduplikasi atau dimanipulasi sehingga lebih terjaga keamanan dan pengunjung pun tidak risih karena hasil stempel tidak terlihat," tambahnya.

Ferdinand salah satu pengunjung Lapas Banyuasin mengungkapkan, program ini bagus sekali karena dapat menjaga kebersihan baik badan maupun tempat kunjungan.

"sempet bingung juga dengan program baru ini, tapi setelah dijalani ternyata ada manfaatnya juga untuk kenyamanan kunjungan," pungkasnya. (*)

Sumber: http://banyuasinonline.com/inovasi-stempel-uv-tingkatkan-pengawasan-pengunjung-lapas/

Artikel ini diterbitkan dengan itikad baik dan sebatas bacaan yang Informatif. Tak ada jaminan apa pun perihal kelengkapan dan keakuratan informasi ini. Sebagian berita merupakan saduran dari media pemberitaan lainnya. Jika terdapat sanggahan, sangkalan atau apapun terkait dengan berita ini dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera dibagian bawah halaman.

0 Please Share a Your Opinion.: