$source=popular-posts$cate=1$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

$show=mobile

OKI Expo 2018 Sepi Pengunjung, Tak Belajar Dari Pengalaman


Perhelatan OKI Expo yang baru saja digelar Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam rangka menyambut HUT ke-73 kurang diminati perusahaan yang ada di wilayah tersebut.

Sebab itu, berbagai evaluasi akan dilakukan oleh dinas perdagangan Kabupaten OKI, terkait pelaksanaan OKI Expo yang tidak menonjolkan penghasilan atau ragam seni budaya di wilayah masing-masing.

Berdasarkan pantauan Sripoku.com saat pelaksanaan OKI Expo, sepi dari pengunjung dan stand yang ditampilkan tak sesuai dengan keadaan kegiatan dan budaya seni di daerah-daerahnya.

Wakil Ketua DPD Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Kabupaten OKI, M Ali Musa SE mengatakan, seharusnya perhelatan OKI Expo harus berkaca pada kegiatan sebelumnya. Karena kegiatan tahun ini jelas hanya menghamburkan uang dan tak ada azaz manfaatnya ke masyarakat.

"Ini namanya kegiatan sia-sia yang hanya menghabiskan uang negara. Lebih jelas kegiatan ini menunggangi pasar malam dan hanya menguntungkan pihak luar datang ke OKI, hanya membawa duit," kata Ali jelas pemerintah hanya main-main dalam acara tahunan ini.

"Masak setiap tahun kegiatan OKI Expo menjadi ajang evaluasi terus," ucap Ali.

Dirinya tak ingin selalu menjadi evaluasi dan kapan terlaksana lebih baik dan meriah bagi masyarakat OKI bukan hanya untuk golongan pejabat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan OKI, Sudiyanto Djakfar mengatakan, karena pada perhelatan OKI Expo lalu, baru sedikit pihak swasta yang ikut, padahal banyak sekali perusahaan swasta yang ada di OKI ini.

"Mereka memiliki hasil produksi yang bisa dipamerkan," terangnya, Rabu (17/10/2018).

Baca: Video Curhat Pelatih PSMS Medan Saat Timnya Berada di Dasar Klasemen

Menurutnya, tahun ini baru Bulog dan beberapa bank yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Selain itu pihaknya juga ingin pengusaha lokal lebih meningkatkan hasil olahannya khususnya packing.

"Kalau dilihat packing yang dihasilkan kurang menarik, padahal hasil produksinya bernilai ekonomis seperti terasi dari Tulung Selapan Kemplang dan sejenisnya," bebernya.

Dikatakannya, jika packingnya bagus maka akan meningkatkan nilai jual yang tinggi terhadap produksi tersebut.

Baca: Berita Palembang: Lakukan Cooling System, Polsek Plaju Selenggarakan Lomba Burung Berkicau

Apalagi usaha ini sudah lama dilakukan bahkan dikenal hingga Nusantara.

Ditanya masalah kunjungan selama OKI Expo saat itu, Sudiyanto menuturkan, cukup banyak, karena bukan hanya produksi saja yang dipamerkan tapi juga pelayanan khususnya perekaman e-KTP yang diminati para pengunjung.

"Dalam kegiatan tersebut target transaksi juga sama dengan apa yang diharapkan lebih kurang Rp 3 miliar perputaran uang yang dihasilkan, karena banyak yang memborong kerajinan mulai dari songket, tikar hingga hasil pertanian," tukasnya.

Sementara itu, Camat Sirah Pulau Padang, Herliansyah menambahkan, selama OKI Expo berbagai kerajinan khas wilayahnya dipamerkan, semuanya diminati seperti tas handmade dan makanan ringan.

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Berita OKI : OKI Expo Sepi Pengunjung. JPKP : Seharusnya Harus Berkaca Dari Sebelumnya, http://palembang.tribunnews.com/2018/10/17/berita-oki-oki-expo-sepi-pengunjung-jpkp-seharusnya-harus-berkaca-dari-sebelumnya?page=all.
Penulis: Mat Bodok 
Editor: Siti Olisa

COMMENTS

BERITA TERKAIT LAINNYA:

Nama

Banyuasin,23,Ogan Ilir Terkini,60,Ogan Komering Ilir,23,Palembang,75,Top,6,Wisata,8,
ltr
item
METROPALEMBANG: OKI Expo 2018 Sepi Pengunjung, Tak Belajar Dari Pengalaman
OKI Expo 2018 Sepi Pengunjung, Tak Belajar Dari Pengalaman
https://2.bp.blogspot.com/-knK76ewN_pg/W8p_1P4QawI/AAAAAAAAAD0/DEBilD6DV4o_Dyt4LPEvlud8fZnNLBvUACLcBGAs/s640/oki%2Bexpo%2Bsepi%2B2018.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-knK76ewN_pg/W8p_1P4QawI/AAAAAAAAAD0/DEBilD6DV4o_Dyt4LPEvlud8fZnNLBvUACLcBGAs/s72-c/oki%2Bexpo%2Bsepi%2B2018.jpg
METROPALEMBANG
https://www.metropalembang.com/2018/10/oki-expo-2018-sepi-pengunjung-tak.html
https://www.metropalembang.com/
https://www.metropalembang.com/
https://www.metropalembang.com/2018/10/oki-expo-2018-sepi-pengunjung-tak.html
true
8694983735565577965
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy