Selasa, 23 Oktober 2018

Sepi Orderan, Pengerajin Alumunium Di Tanjung Atap Mengeluh


Pengrajin aluminium di Desa Tanjung Atap, Kecamatan Tanjung Batu mengeluhkan sepinya permintaan barang oleh konsumen. Hal tersebut diungkapkan Candi, salah satu pengrajin di desa setempat, kemarin.

.
"Sekarang ini orang yang memesan barang hasil kerajinan seperti Panci, Penyaringan, Dandang, Rantang dan barang lainnya sudah sangat menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini berdampak pada penghasilan saya yang semakin berkurang untuk mencukupi kebutuhan keluarga," katanya.

Hal senada juga dirasakan oleh Fuad, pengrajin lainnya di desa setempat. Menurutnya, sepinya permintaan pemesanan sudah dialaminya beberapa tahun belakang ini.
.
"Hal ini berbeda jauh dibandingkan dengan masa-masa kejayaan pengrajin aluminium di desa ini beberapa tahun lalu, pada masa itu pengrajin bahkan kewalahan dalam memenuhi pesanan konsumen," tuturnya.

Menurut Kepala Desa Tanjung Atap, Sahlan Hasyim, memang para pengrajin dalam beberapa tahun terakhir sangat mengeluhkan sepinya permintaan pemesanan produk kerajinan aluminium oleh konsumen.
.
"Hal ini karena beberapa faktor, diantaranya karena memang perekonomian saat ini sedang sulit yang membuat harga komoditi seperti karet sangat rendah. Kemudian, faktor selanjutnya produk produk aluminium dari desa ini kalah bersaing dengan produk-produk dari luar," ujarnya.

Namun, sambungnya, meskipun produk dari Desa Tanjung Atap kalah bersaing dengan produk dari luar, dirinya selaku pemerintah desa selalu mendukung pengrajin agar terus berinovasi menghasilkan produk-produk baru yang lebih diterima oleh konsumen.
.
"Ke depan, kita berencana akan mengadakan pelatihan untuk para pengrajin, agar nantinya dapat lebih bersaing dan menghasilkan produk-produk baru dari aluminium. Sehingga, produk kerajinan aluminium di desa ini kembali ke masa kejayaannya seperti dulu," pungkasnya.

Sumber : Kabar28
#oganilirterkini

Artikel ini diterbitkan dengan itikad baik dan sebatas bacaan yang Informatif. Tak ada jaminan apa pun perihal kelengkapan dan keakuratan informasi ini. Sebagian berita merupakan saduran dari media pemberitaan lainnya. Jika terdapat sanggahan, sangkalan atau apapun terkait dengan berita ini dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera dibagian bawah halaman.

0 Please Share a Your Opinion.: