Senin, 22 Oktober 2018

Tinggalkan Tempat Relokasi, Pedagang Pasar Lemabang Berjualan Dibahu Jalan


Para pedagang Pasar Lemabang yang saat ini menempati tempat relokasi yang disediakan oleh PD Pasar Jaya, hanya menyisakan sekitar 25 pedagang dari total peruntukan 200 pedagang.

Tenda yang persis berada di depan pasar Lembang berukuran besar tersebut kian hari semakin ditinggalkan pedagang.

Padahal berbagai upaya sudah dilakukan PD Pasar guna merangkul para pedagang. Bahkan saat event Asian Games berlangsung para pedagang ikut tertib dan berjualan di dalam tenda.

Menurut Kabid Pemasaran dan Pembinaan Pedagang PD Pasar Palembang, Rinto Siswandi saat dikonfirmasi mengatakan, akibat dari sepinya pedagang yang berjualan di dalam tenda pihak PD Pasar selaku pengelola akan melepas tenda yang ada pada bulan depan.

"Informasi dari kepala pasar Lemabang bulan depan tenda di pasar tersebut akan bongkar, karena para pedagang yang selama ini ditampung sudah meninggalkan lapak yang ada. Selama ini kami sudah menyediakan tempat sementara, agar mereka dapat berjualan." ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (21/10).

Lanjutnya, PD Pasar tentu menyadari dampak perginya para pedagang yang memilih kembali berjualan dibahu jalan. Hal itu yang telah diwanti-wanti selama ini.

"Mereka kembali memilih menjadi PKL dengan balik lagi ke bahu jalan, otomatis akan mengakibatkan kemacetan dan kesemerawutan di depan Pasar Lemabang. Tujuan kami memasang tenda ini untuk merelokasi pedagang kaki lima yang kerap membuat kemacetan karena berjualan di bahu jalan," ujarnya.

PD Pasar selaku pengambil kebijakan memang berencana menambah dan merenovasi lapak pedagang di dalam pasar namun, hingga saat ini keinginan tersebut belum terlaksana.

"Kami ingin merangkul para PKL untuk masuk ke dalam pasar. Namun karena kondisi bangunan dalam pasar saat ini tidak memungkinkan untuk itu," ungkapnya.

Sementara, para pedagang yang memutuskan kembali ke bahu jalan atau tepatnya di Jalan Yos Sudarso mengaku terpaksa kembali ke tempat tersebut setelah beberapa bulan mencoba berjualan di dalam tenda yang disediakan. Afrizal salah satu pedagang ikan mengatakan, faktor lokasi lapak yang kecil dan tidak laku menjadi faktor dirinya kembali ke tempat semula berjualan.

"Kalau jualan di dalam itu kadang kito dak laku berjualannya. Beda halnya kalau jualan disini, yang sehari-hari kita bisa menghabiskan semua dagangan. Ketika di sana (dalam tenda) pulang membawa sisa jualan," ujarnya.

Hal serupa dikatakan Astina, pedagang sayuran. Dirinya, mengaku jika berjualan di dalam tenda milik PD Pasar tidak merasakan untung, alias merugi.

"Kalau jualan di sana tidak laku, yang kami jual ini sayur, cepat busuk. Pastinya rugi kalau tidak laku. Makanya kami mau balik ke sini," ujarnya.

Kasi OPS Operasional pasar Lemabang, Fahrudin saat ditemui menyayangkan sikap para pedagang. Dirinya mengungkapkan, tenda yang didirikan PD Pasar tersebut merupakan cara pihaknya untuk merangkul para pedagang liar.

"Kami coba rangkul meski saat ini pasar Lemabang kekurangan lapak. Jadi kami sewakan tenda besar. Kami persilakan pedagang liar itu untuk masuk ke dalam. Jangan lagi diluar, karena menyebabkan macat dan kesemerawutan," ungkapnya.

Lanjutnya, keluhan para pedagang yang kembali ke jalan akan selalu sama menyangkut soal sepinya pendapatan karena berjualan di dalam tenda, ditambah mahalnya harga sewa.

"Tanggapan mereka akan selalu begitu, tidak laku padahal belum di coba. Saat Asian Games mereka sempat masuk tapi usai Asian Games mulai kembali ke pinggir jalan. Dari yang tadinya ada ratusan pelapak sekarang tersisa sedikit, semua kembali ke depan (jalan)."

"Jika dibilang ada pungutan memang benar, tapi pungutan tersebut kami gunakan murni untuk membayar tenda yang disewa bagi para pedagang tersebut. Tetap keinginan kami mengikis para pedagang liar, kami ingin merangkul mereka kembali kenaungan PD Pasar atau pasar pemerintah," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Berita Palembang : Pedagang Pasar Lemabang Tinggalkan Tempat Relokasi, Pilih Jualan di Bahu Jalan, http://palembang.tribunnews.com/2018/10/21/berita-palembang-pedagang-pasar-lemabang-tinggalkan-tempat-relokasi-pilih-jualan-di-bahu-jalan?page=all.
Editor: Siti Olisa

Artikel ini diterbitkan dengan itikad baik dan sebatas bacaan yang Informatif. Tak ada jaminan apa pun perihal kelengkapan dan keakuratan informasi ini. Sebagian berita merupakan saduran dari media pemberitaan lainnya. Jika terdapat sanggahan, sangkalan atau apapun terkait dengan berita ini dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera dibagian bawah halaman.

0 Please Share a Your Opinion.: