Jumat, 19 Oktober 2018

Tugu Perjuangan Dikecamatan Tanjung Batu Berubah, Apa sebabnya?

Tugu Perjuangan Tanjung Batu Yang Asli

Sekilas tidak ada yang aneh dengan tugu perjuangan yang berdiri kokoh di pusat Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) ini.

Sama halnya dengan tugu perjuangan pada umumnya, tugu ini dibangun untuk mengingat jasa para pahlawan yang merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia (RI) dari tangan penjajah.

Tertulis "Monumen Perjuangan TNI dan Rakyat 1940-1948" yang menegaskan bahwa tugu perjuangan tersebut untuk mengenang perjuangan melawan penjajah pada periode tersebut. Namun ada yang unik dengan penampakan tugu ini.

Jika biasanya tugu perjuangan dilengkapi dengan patung pahlawan atau prajurit di atasnya, namun tidak dengan tugu perjuangan satu ini. Tampak sebuah replika mirip Alquran yang terbuka, menghiasi pucuk tugu tersebut.

Menurut seorang warga setempat, awalnya tugu tersebut sama seperti tugu perjuangan lainnya, yang dihiasi patung pejuang di atasnya.

Namun sebuah insiden kecelakaan yang terjadi beberapa bulan lalu, mengubah penampakan tugu tersebut.

"Waktu itu pernah ada truk muatan menabrak tugu ini, lalu patung pahlawan di atasnya jatuh dan hancur. Tugunya juga sempat hancur di sebagian sisinya," kata Bidin, warga setempat.

Terpisah, Camat Tanjung Batu, Azhari Adan membenarkan jika tugu perjuangan tersebut bentuk awalnya tidak seperti yang tampak sekarang.
Tugu Perjuangan Kecamatan Tanjung Batu Yang Sekarang

Karena sebuah kecelakan yang melibatkan tugu yang berusia hampir 70 tahun tersebut, maka tugu tersebut direnovasi.

"Ya, tugu perjuangan di perempatan kecamatan Tanjung Batu pernah ditabrak truk muatan beberapa bulan lalu," terang Azhari.

Mengenai bentuk pucuk tugu yang berubah setelah direnovasi, Azhari mengatakan, hal itu dikarenakan renovasi tugu yang mendesak.

"Kalau ingin bikin patung seperti bentuk aslinya, memakan waktu lama, biaya juga lebih besar. Sementara tugu tersebut harus segera direnovasi karena berada di pusat keramaian," jelasnya.

Ketidaksingkronan antara tulisan tugu perjuangan dan replika patung di atasnya, menurut Azhari tidak terlalu dipermasalahkan masyarakat maupun pihak tertentu.

Yang terpenting, kata Azhari, tugu tersebut tertata rapi kembali dan menjadi ikon baru kecamatan Tanjung Batu.

"Tidak lama usai insiden kecelakaan itu, kecamatan Tanjung Batu menjadi tuan rumah Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ). Jadi kita menyesuaikan saja dengan momen itu, jadilah dibangun replika Alquran di pucuk tugu perjuangan," katanya memaparkan.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Tidak Biasa! Perhatikan dengan Seksama Tugu Perjuangan Ini Ada yang Unik dan Mengelitik, http://sumsel.tribunnews.com/2017/08/27/tidak-biasa-perhatikan-dengan-seksama-tugu-perjuangan-ini-ada-yang-unik-dan-mengelitik.
Penulis: Agung Dwipayana 
Editor: Hartati

Artikel ini diterbitkan dengan itikad baik dan sebatas bacaan yang Informatif. Tak ada jaminan apa pun perihal kelengkapan dan keakuratan informasi ini. Sebagian berita merupakan saduran dari media pemberitaan lainnya. Jika terdapat sanggahan, sangkalan atau apapun terkait dengan berita ini dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera dibagian bawah halaman.

0 Please Share a Your Opinion.: