Kamis, 08 November 2018

Banyak Sampah Di Pinggiran Jalan Ke Arah Danau OPI Palembang


Wisata keluarga di Kota Palembang, yakni Danau OPI Jakabaring nampaknya belum dikelola dengan baik hingga saat ini.

Dalam pantauan Detik Sumsel, nampak tumpukan sisa sampah dari warga sekitar, seperti sabut kelapa serta karung bekas terlihat menyatu dengan tanah sehingga tidak elok untuk dipandang mata. Selain itu, tidak adanya tempat pembuangan sampah diduga salah satu alasan yang menyebabkan sampah tersebut penuhi Jalan.

“Tumpukan sampah disini memang sudah lama ada pak, meskipun menimbulkan bau tidak sedap, tapi warga tetap membuang di tempat tersebut karena letak TPS yang cukup jauh,” ungkap Chiko salah satu warga sekitar Danau OPI, Senin (08/10).

Dirinya juga mengatakan, mesti adanya petugas sampah yang membersihkan, namum minimnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuag sampah sembarangan membuat sampah-sampah tersebut masih terus ada.

“Disini, kami ingin Pemerintah peka dengan keadaan ini pak dan mencarikan solusi agar tak terulang, keadaan ini sudah cukup menggangu terutama aromanya, lantaran sampahnya juga kerap melebar hingga ke jalan, ditambah aroma yang tidak sedap,” kata Chiko.

Sementara itu, Sekretaris Camat Jakabaring, Sapta Marus menjelaskan, bahwa wilayah Kecamatan Jakabaring saat ini sudah memiliki beberapa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ditempatkan pada setiap kelurahan.

Sementara, untuk TPS yang berada di Danau OPI, pihaknya menyediakan satu TPS dipinggiran aliran Sungai Musi.

“Kita juga sudah mengimbau tiap RT serta lurah agar memberitahukan warga sekitar jangan ada yang membuang sampah rumah tangga sembarangan dan buanglah ke TPS sudah disediakan,” tegasnya.

Selain itu, tambah Sapta, armada angkutan sampah seperti truk kuning Dinas Kebersihan serta kendaraan kaisar telah diperbantukan untuk mengangkut sampah yang kerap kali terlihat di Jalan OPI.

“Dibawah naungan Kecamatan Jakabaring, ada 5 kelurahan dan setiap kelurahan sudah ditempatkan 1 kaisar. Sehari Kecamatan Jakabaring bisa mengangkut 10-12 ton sampah untuk dibawa ke TPA,” tungkasnya. (Wira)

Sumber: https://www.detiksumsel.com/aroma-tidak-sedap-iringi-keindahan-menuju-danau-opi-palembang/

Artikel ini diterbitkan dengan itikad baik dan sebatas bacaan yang Informatif. Tak ada jaminan apa pun perihal kelengkapan dan keakuratan informasi ini. Sebagian berita merupakan saduran dari media pemberitaan lainnya. Jika terdapat sanggahan, sangkalan atau apapun terkait dengan berita ini dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera dibagian bawah halaman.

0 Please Share a Your Opinion.: