Membentuk Karakter Siswa Dengan Seminar Pelestarian Budaya Daerah

November 22, 2018


MetroPalembang.com - Sekda Ogan Ilir H Herman SH MSi saat membuka kegiatan seminar pelestarian budaya daerah yang berlangsung di gedung Serbaguna Tanjung Senai Indralaya. Dinas Pendidikan Pemkab Ogan Ilir terus berupaya mencetak generasi yang berkarakter, handal dan profesional. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar seminar seminar pelestarian budaya daerah.

Kegiatan berlangsung Kamis (22/11) pukul 08.30 bertempat di gedung serbaguna Komplek Perkantoran Tanjung Senai Indralaya. Dr Arianto yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan Pemda OI langsung bertindak sebagai pembicara.

Selain itu juga, menghadirkan narasumber dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dra F Sri Lestariyati serta dari civitas akademika Universitas Sriwijaya (Unsri).

Selain dihadiri siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), dalam seminar yang bertema peran pendidik dalam menggali dan melestarikan kebudayaan untuk membentuk karakter anak didik tersebut, juga dihadiri siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta para guru.

Kepala Dinas Pendidikan OI Dr Arianto MPd berharap kepada para peserta seminar kiranya dapat memanfaatkan seminar ini dengan sebaik-baiknya.

Sehingga hasil dari seminar yang disampaikan nanti bisa diaplikasikan ke sekolah masing-masing agar mutu dunia pendidikan yang ada di Kabupaten OI dapat siap bersaing disegala bidang termasuk dalam mencetak karakter anak didik bangsa.

"Selain itu juga para siswa dapat mampu melestarikan kearifan lokal yang dimiliki daerah," kata Kadisdik OI.

Seperti diketahui, Kabupaten OI memiliki banyak kearifan lokal dan budaya daerah yang dimiliki seperti perikanan, kerajinan, pandai besi, kuliner dan berbagai macam jenis kerajinan tangan lainnya sepeti tenun songket.

Melalui kearifan lokal yang dimiliki daerah maka pihak Disdik OI menggelar kegiatan seminar yang bertajuk pelestarian budaya daerah. Sementara itu, Sekda H Herman SH MSi mengapresiasi kegiatan seminar.

Menurut Sekda, Pemerintah terus mendukung program pendidikan di Kabupaten OI. Karena pendidikan sangat mempengaruhi bagi perkembangan suatu daerah.

"Saya berharap kiranya para pendidik bisa memberikan ilmu sekaligus dapat melaksanakan peran sebagai pengganti orang tua yang baik di sekolah, guna mencetak anak yang berkarakter, berwawasan dan berakhlak mulia," kata Sekda.

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Bentuk Karakter Siswa Melalui Seminar Pelestarian Budaya Daerah, http://palembang.tribunnews.com/2018/11/22/bentuk-karakter-siswa-melalui-seminar-pelestarian-budaya-daerah.
Penulis: Beri Supriyadi 
Editor: Siti Olisa

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images