Header Ads

Rusak Parah dan Banjir, Jalan Desa Lorok dan Pulau Kabau Putus

MetroPalembang.com - Jalan Rusak Parah dan Banjir, Jalan Penghubung Desa Lorok dan Pulau Kabal Putus

Warga Desa Pulau Kabal Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengeluh lantaran rusaknya jalan saat musim hujan bahkan banjir. Ratusan masyarakat tidak bisa melintas, merekapun mengharapkan perbaikan jalan kabupaten penghubung Desa Lorok dan Desa Pulau Kabal diperbaiki bahkan dicor beton.

Seperti Septa yang mengeluh lantaran susahnya masuk dan keluar desa saat musim penghujan. Lantaran jalan kabupaten tersebut rusak parah dan baru sekali mendapatkan pengerasan batu. Sampai saat ini jalan tersebut bak bubur karena jalannya tanah merah. Sejak dahulu sering diusulkan masuk musrenbang kecamatan hingga kabupaten namun belum pernah tersentuh perbaikan.

Ia mengatakan sangat mengharapkan jika jalan sepanjang 4km yang menghubungkan beberapa desa seperti Desa Pulau Kabal, Lorok, Tanjung Pule, Rambutan agar dapat diperbaiki. Pasalnya saat musim hujan warga susah melintas, bahkan kendaraan sering terparter, khususnya bagi pengendara sepeda motor karena jalannya tanah merah dan licin sering terjatuh.

Warga lainnya Priyanto yang berprofesi sebagai sopir truk mengatakan rusaknya jalan tersebut lantaran banyaknya kendaraan alat berat yang sering melintas, "memang dulu ada kendaraan yang mengerjakan proyek jalan diseberang desa, sering melintas disini. Akibatnya jalan tambah bonyok.

Dulukan kami pasang portal tujuannya agar mereka tidak melintas, karena tidak ada jalan lain portalpun dibuka. Namun dengan persyaratan mereka harus memperbaiki jalan tersebut. Selain itu banyak yang membawa hasil kebun seperti karet dan kelapa sawit, karena ini memang jalan utama desa. Kami juga minta jalan ini dicor beton oleh pemerintah agar tidak selalu rusak," ujarnya.

Kades Pulau Kabal H Yansori menjelaskan sangat wajar jika warga meminta perbaikan jalan yang rusak tersebut. "Ya wajarlah warga meminta perbaikan jalan karena inikan jalan penghubung beberapa desa. Ini urat nadi bagi kami untuk melintas dan beraktivitas. Kami juga meminta agar jalan sepanjang 4km tersebut diperbaiki, kalau bisa dicor.

Agar masyarakat nyaman melintas, perekonomian berjalan lancar, arus lalin antar desa berjalan dengan baik. Karena jalan merupakan infrastruktur penting tentunya kami sangat mengharapkan perbaikan, untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Camat Indralaya Utara Benhur Sayuti mengatakan sampai saat ini belum mengetahui soal rusaknya jalan tersebut. Menurutnya kalau memang rusak bisa diusulkan perbaikan melalui kades atau bisa langsung ke Dinas PUPR.

"Sepertinya pernah disampaikan dengan bupati, dalam musrenbang kabupaten, sayangnya belum ditanggapi bupati karena sampai saat ini belum diperbaiki dinas terkait. Ya harapan kita secepatnya diperbaiki misalnya pengerasan, tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat karena banyak warga membawa hasil kebun melintas di jalan tersebut kalau mau memutar memakan jarak jauh hingga 3 km," jelasnya.

Sumber : Jelajah Sumsel
#oganilirterkini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.