Header Ads

Dimana Letak Istana Kerajaan Sriwijaya Pernah Berdiri ?

MetroPalembang.com - Pengamat Sejarah Palembang, Jupri Palimbani memegang dan memperlihatkan barang antik peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Eksistensi Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang ini memang masih terselubung misteri dan tanda tanya besar bagi sejumlah kalangan, khususnya masyarakat di Sumatera Selatan.

Sehubungan dengan itu, berbagai sumber-sumber sejarah pun kita telusuri agar dapat menjajaki letak keberadaan Kerajaan Sriwijaya tersebut. Guna mengungkap sejarah itu sendiri, sehingga menjadi ladang ilmu bermanfaat.

Salah satu barang antik peninggalan Kerajaan Sriwijaya

"Banyak catatan-catatan dari zaman dulu yang bisa kita jadikan patokan untuk memulai pencarian posisi istana atau Kerajaan Sriwijaya ini," ungkap Pemerhati Sejarah Palembang, Jupri Palimbani di Markas Kompaks (komunitas antik Sriwijaya) Palembang, Senin (10/12/2018).

Jupri berkata, seperti yang tertera di buku Kedatuan Sriwijaya terbitan penulis dari Arab, yakni Abu Zaid (916 M) mencoba menerangkan letak Kerajaan Sriwijaya yang menghadap ke sebuah muara luas dan terhubung dengan lautan.

Air di muara itu membentuk tasik disamping Istana Raja dan memiliki ruangan yang menaungi tasik itu sendiri, sehingga padang surut airnya bisa dirasakan setiap dua belas jam sekali.

Selain itu, kata Jupri, catatan dari Zhao Rugua pada tahun 1225, seakan mengamini dari tulisan Abu Zaid, dengan menulis singkat dan gamblang sehingga kemungkinan besar menyangkut seorang raja yang sedang berkuasa di Palembang pada zaman itu.

"Kedua fakta itu memungkinkan kita bisa menarik kesimpulan sederhana, bahwa Istana Kerajaan Sriwijaya letaknya dipinggiran sungai, berhadapan dengan muara besar yang dekat dengan laut dan ada tasiknya," jelas dia.

Sementara, Ketua Kompaks Palembang, Hirmeyudi, angkat bicara mengenai posisi yang ada dalam catatan lama tersebut.

Menurit Yudi, apabila itu memang suatu fakta yang jelas, bisa dikatakan Kerajaan Sriwijaya persis ditepian Sungai Musi.

"Fakta itu juga didukung temuan-temuan yang didapat di tepian sungai di daerah sana," jelasnya.

Dari itu, sudah saatnya masyarakat mulai menerangi sejarah Kerajaan Sriwijaya yang lama terpendam dan seakan misteri itu tidak pernah terungkap, padahal banyak sumber yang bisa dijadikan refrensi para pakar-pakar dibidang sejarah untuk mengungkap hal itu.

"Kalau itu benar, ini bisa jadi referensi besar bagi pemerintah Palembang, dalam menggali Sejarah dari Kerajaan Sriwijaya," jelasnya

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Istana Kerajaan Sriwijaya Berada di Tepian Sungai Musi, http://palembang.tribunnews.com/2018/12/10/istana-kerajaan-sriwijaya-berada-di-tepian-sungai-musi. Penulis: Reigan Riangga, Editor: Welly Hadinata

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.