Berapa Gaji PNS Palembang Bedasarkan Golongan Dan Masa Kerja

Desember 27, 2018

Gaji dan Tunjangan PNS Sumsel
MetroPalembang.com - Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Agus Sutiadi selaku Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional VII Palembang, para peserta CPNS yang lulus kemarin akan mengikuti pelatihan selama setahun.

Pelatihan tersebut akan dilakukan oleh masing-masing instansi terkait. Di dalam proses pelatihan tersebut, peserta CPNS yang telah lulus juga akan diberikan gaji. Akan tetapi gaji yang diberikan hanya berkisar 80% dari keseluruhannya.

Sayangnya pak Agus tak menyebutkan rincian nominal gaji PNS baru di Palembang yang sudah bisa diterima.

"Setelah pengumuman pelulusan ini bakal dilakukan pendidikan bagi peserta CPNS, " kata dia, Kamis.

Sebelumnya, pihak BKN Regional 4 Palembang juga sudah memberikan nomor induk Kepegawaian (NIK) kepada para  peserta yang sudah lulus kemarin. Sebagaimana terbitan palembang.tribunnews.com dan berbagai sumber, diketahui bahwasannya gaji CPNS 2018 memiliki nominal yang berbeda dengan PNS lawas.

Terdapat beberapa skema dan persentase yang tak akan diterima karena statusnya masih CPNS. Itu disebabkan karena setelah lulus jadi CPNS, mereka butuh waktu berkisar 1 tahun hingga diangkat sebagai PNS resmi.

Setelah resmi diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil, barulah skema gajinya menjadi 100% full. Sejauh ini, sebagai dasar perhitungan gaji dan tunjangan CPNS dan PNS, Pemerintah masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1997 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PP 30/2015).

Daftar Gaji PNS Golongan 3 Palembang

Berikut Skema Gaji PNS Berdasarkan Golongan

  • CPNS lulusan S3 sederajat akan masuk ke PNS golongan 3C dengan gaji sebesar Rp 2.135.120.
  • CPNS lulusan S2 sederajat akan langsung masuk dengan golongan 3B. Besaran gajinya adalah Rp 2.048.480.
  • S1 sederajat akan masuk golongan 3A, dengan gaji sebesar Rp1.965.360.
  • D3 sederajat golongan 2C dengan gaji Rp 1.753.840.
  • Sementara SMA sederajat golongan 2A dengan gaji Rp 1.540.800.
Besaran gaji diatas berlaku sama disemua instansi dan lembaga-lembaga negara. Perbedaan hanya pada di besaran tunjangan yang akan diterima. Oya nominal gaji tersebut merupakan hasil perhitungan setelah dikurangi 20 persen dari total gaji PNS yang golongannya sama, karena CPNS kan baru menerima 80% dari gaji PNS.

Meskipun begitu, gaji pokok tersebut tergolong kecil dan setara dengan upah minimum, dimana PNS terkenal dengan banyaknya tunjangan kerja. Maka tunjangan itulah yang menjadi orientasi bagi sebagian besar kalangan.

Malahan, di beberapa instansi atau lembaga negara, tunjangan itu bisa lebih besar berkali-kali lipat daripada gaji pokoknya. Lucunya, tak ada dasar acuan aturan pemerintah yang mengatur persoalan tunjangan. Hingga setiap instansi dan lembaga memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam mengatur tunjangan bagi pegawainya.

skema gaji pns daerah palembang

Dengan begitu, tentunya jumlah besarnya tunjangan yang diberikan akan berbeda antara instansi pusat dan daerah. Tak bisa dipungkiri jika gaji PNS golongan IIIA ditambah tunjangan tetap jadi prioritas yang dipertimbangkan para sarjana. Sayangnya hingga akhir tahun 2018 ini, belum ada skema kenaikan gaji PNS.

Kenaikan terakhir kali terjadi pada tahun 2015 yang hingga 6%. Dimana ketika itu Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ke 17 Atas PP Nomor 7 Tahun 1977.

Sebagian dari ketetapan tersebut adalah gaji pokok terendah untuk PNS adalah Rp 1.488.500 per bulan untuk golongan IA dengan masa kerja 0 tahun.

Sementara gaji pokok para PNS tertinggi capai Rp 5.620.300 per bulan untuk golongan 4E dengan masa kerja 32 tahun. Setelah itu tak ada kenaikan lagi hingga 2018 ini, hanya THR yang sebesar gaji pokok menjadi kompensasi.

Jika kita mundur lagi ke belakang, kenaikan gaji PNS yang signifikan terjadi pada tahun 2001 yang mencapai 270 persen dari sebelumnya. Dengan penjelasan panjang di atas, bahwasannya gaji PNS golongan 3A serta tunjangannya ditahun 2018 sama besarnya dengan tahun 2015.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images