Header Ads

Wisata Bukit Siguntang - Situs Sejarah Buddha Di Masa Kerajaan Sriwijaya

paket wisata bukit siguntang
Metropalembang - Wisata Bukit Siguntang Palembang - Bukit Siguntang merupakan bukit kecil dengan tinggi kurang lebih 30 meter dari permukaan laut dan terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi bagian utara.

Ketika masa Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang dikenal sebagai tempat beribadah untuk umat Buddha, juga tempat bertapa agar pikiran tenang.

Itu terlihat dari arca berukuran besar di sana. Hingga saat ini, Bukit Situnggang masih dianggap sakral oleh warga setempat. Masih banyak pengunjung yang datang ke sana untuk berziarah ke makam-makam bangsawan Palembang.

Sejarah Bukit Siguntang

Lokasi Bukit Siguntang dipercayai oleh penduduk setempat sebagai tempat berdoa untuk keluarga kerajaan pada masa kerajaan Sriwijaya serta sebagai tempat bertapa.

Bukit ini merupakan tempat yang sakral dan tidak sedikit pengunjung yang mengunjungi tempat tersebut untuk berziarah di makam-makam para keluarga kerajaan Sriwijaya.

Memang di puncak bukit tersebut terdapat 7 makam yang disakralkan dan dijaga hingga sampai sekarang ini. Makam-makam tersebut berisi putri raja, tokoh-tokoh raja, serta pahlawan yang berjasa Melayu Sriwijaya.

Dari 7 makam tersebut menjadi bukti kalau Bukit Siguntang menjadi tempat yang harus benar-benar dijaga karena kesakralannya.

Lalu, di setiap makam-makam tersebut telah dibuatkan rumah kecil yang bentuknya masing-masing berbeda. Bukit yang menjadi titik tertinggi di Kota Palembang ini juga dipercayai sebagai tempat berdoa bagi umat Budha dari sejak abad ke 7. Jadi tidak heran Anda akan menemukan sebuah arca Budha yang tingginya 2,7 m dan bahan materialnya adalah batu granit.

Peninggalan Sejarah Bukit Siguntang

Tidak hanya itu saja. Anda pastinya juga akan menemukan beberapa pecahan tembikar serta beberapa keramik yang menjadi peninggalan Dinasti Tang. Peninggalan-peninggalan bersejarah itu kemudian di simpan dalam sebuah museum sejarah yang berada di Kota Palembang.

Kemudian, kalau Anda lebih menelurusi lagi kawasan wisata sejarah ini, Anda pasti akan melihat menara pandang yang letaknya berada di tengah-tengah bukit. Pengunjung bisa masuk ke dalam menara tersebut untuk melihat pemandangan yang berada di sekitar kawasan Bukit Siguntang.

Di sisi lainnya juga terdapat beberapa relief yang memberi informasi mengenai kehidupan kerajaan Sriwijaya. Sebagai contoh, pendeta yang sedang berdoa, suasana yang makmur pada zaman itu, kapal Sriwijaya yang berkuasa di tengah laut, cerita mengenai Sriwijaya mengalahkan Laksamana Cheng Ho di Sungai Musi, dan masih banyak lagi.


Kalau Anda sudah lelah dengan perjalanan wisata sejarahnya, Anda bisa dengan mudah menemukan banyak tempat makan di dekat Bukit Siguntang, karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota.

Anda pun bisa mencicipi makanan khas Palembang, yakni pempek yang rasanya khas Palembang asli yang tidak bisa Anda temukan di kota lainnya. Anda pun bisa mencari tempat penginapan dengan mudahnya dan harganya pun terbilang terjangkau.

Lokasi dan Tarif Masuk Wisata Bukit Siguntang

Bukit Siguntang berlokasi di kelurahan Bukit Lama di daerah kecamatan Ilir Barat I di Kota Palembang. Kalau Anda yang ingin mengunjungi bukit ini dari pusat Kota Palembang, sebenarnya tidak sulit, karena bisa dilintasi kendaraan pribadi roda 2 dan roda 4.

Jaraknya yang cukup dekat pun tidak menjadi penghalang bagi wisatawan yang ingin berkunjung, karena jaraknya hanya 4 km. Dari Kota Palembang, Anda menuju ke Ampera dan dilanjutkan ke Bukit Besar. Ikuti saja jalur tersebut karena jalurnya bisa langsung membawa Anda ke Tempat wisata sejarah di Palembang ini.

Untuk masuk ke dalam Bukit Siguntang, setiap pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya sebesar Rp 3.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 2.000 untuk pengunjung anak-anak atau pelajar. Sangat murah dan terjangkau bukan?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.