Header Ads

Danau Teluk Gelam, Salah Satu Destinasi Terbaik Di Kayu Agung

MetroPalembang - Objek Wisata Danau Teluk Gelam menyajikan wisata alam yang begitu menggairahkan. Danau buatan ini dibangun di tepi jalan raya Sumatra Lintas Timur, sekitar 92 km ke arah tenggara Palembang. Danau ini memiliki air yang jernih dan tenang, dengan rumput kecil yang disisi danau. dengan begitu, detinasi Danau Teluk Gelam cocok sekali olahraga ataupun wahana dayung, jet ski dan semacamnya.

Di lokasi ini, tepatnya Desa Seriguna, Kecamatan Teluk Gelam, Serapek, Tlk. Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan 30671, Indonesia. para pengunjung biasanya melakukan olahraga air seperti renang, memancing ataupun hanya berjalan-jalan. Di bagian tengah areal terdapat tanah yang ditanami ribuan pohon Gelam (Melaleuka leucadendron).

Dengan keberadaannya yang sangat strategis ini, bila dibandingkan dengan objek wisata lainnya, lokasi Danau Teluk Gelam lebih sering dijadikan pusat olahraga, Ski Air dan dayung dalam ajang olahraga seperti PON dan sebagainya.

Nah selain itu, Lokasi Danau Teluk Gelam juga sering sekali menjadi pusat kegiatan perkemahan seperti Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka dll, hingga semakin ramai dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Pada lokasi ini terdapat pula Hotel Kembar berbintang dua dan 34 unit home stay yang menambah sensasi liburan pengunjung. Berlayar mengelilingi Danau dengan semacam kapal pesiar juga tersedia bagi keluarga atau pasangan yang sedang berlibur.

Danau Teluk Gelam

Menurut cerita warga sekitar, objek wisata ini dinamakan “Teluk Gelam” karena dulunya ada seorang warga yang sedang mencari kayu gelam, lalu menemukan sebuah rawa danau kecil yang airnya tidak pernah kering, meskipun musim kemarau sekalipun. Disekitar rawa tersebut terdapat banyak anak sungai kecil, sehingga lama kelamaan air dari sungai kecil tadi terkumpul dan akhirnya terbentuklah sebuah danau kecil.

Dengan demikian, luas wilayah kawasan Objek Wisata Danau Teluk Gelam kurang lebih 250 hektare terdiri dari luas daratan dan luas perairan. Sedangkan, jarak objek wisata Teluk Gelam dari Ibukota Provinsi Sumsel, Palembang kurang lebih 90 kilometer (KM).

Kalau dari Ibukota Kota Kayu Agung kurang lebih 25 KM kearah Jalan Lintas Timur (Jalintim) yang menghubungkan Provinsi Lampung dan Provinsi DKI Jakarta, menjadi Obyek Wisata andalan yang saat ini banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun luar.

Pengunjung wisata akan dibuat terbelangak melihat aksi para atlet ski air yang menontonkan aksi gerakannya, kendati secara sepintas merasa tak yakin dengan atlet kecil yang dilepaskan ke danau nan luas akan bisa berjibaku dengan deras dan kencangnya tarikan perahu motor. .

Fasilitas Danau teluk Gelam

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di Objek Wisata Danau Teluk Gelam lainnya adalah;
  • Dragon Coaster (Kereta Naga)
  • Giant Wheel (Roda Lambung)
  • Carousell (Kuda Berputar)
  • Shooting Galery
  • Ghost House (Rumah Hantu)
  • Bumper Toy Car (Mobil)
  • dan lain-lain
Sedangkan wahana di air terdapat:
  • Bumper Boat
  • Kapal Pesiar
  • Jet Ski
  • Perahu Angsa
  • Canope
  • Dan masih banyak lagi

Harga Tiket Wisata Danau Teluk Gelam

Para pengunjung dapat menikmati luasnya Danau Teluk Gelam dengan menggunakan speed boat. Cukup dengan kocek sebesar Rp 150 ribu rupiah per jam. Dan bagi yang ingin menggunakan Jet Sky cukup dengan Rp 300 ribu rupiah per jam.

Dan untuk harga tiket masuk, para pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan jenis mobil dan 2 ribu rupiah untuk sepeda motor. Ditambah tarif pengunjung yang dihitung per kepala, 2 ribu rupiah untuk pengunjung dewasa dan Seribu Lima Ratus Rupiah bagi anak-anak.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.