Header Ads

Pesona Pantai Supi Sungai Pinang, Wisata Musiman Ogan Ilir

pantai supi
Metropalembang - Pantai Supi Sungai Pinang. Sebetulnya ini bukan pantai sebagaimana umumnya, dikarenakan sungai ini adalah sumber penghasil pasir maka ketika air surut saat musim kemarau pasir-pasir yang yang berada didasar sungai terlihat seperti pantai, sebelum menjadi pusat wisata rakyat ada juga pantai jodoh yang pengunjungnya bisa sampai ratusan.

Tentu event semacam ini memberikan keuntungan bagi para pedagang kecil, bahkan bisa dibilang sebagai sumber penghasilan bagi para penjual pempek, model, es keliling dan bahkan tukang parkir. kalian harus coba main kesini berada didesa sungai pinang satu, kec. sungai pinang, kab. ogan ilir sumatera selatan Indonesia.

Pantai supi sepertinya sudah mulai melekat dipikiran masyarakat yang ada dikabupaten ogan ilir. Bukan hanya di kabupaten Ogan ilir tetapi daerah Kayu agung, SP Padang, dan sekitar kawasan Kabupaten Ogan Komering Ilir juga mengenal Pantai Supi. Ini terbukti banyaknya pengunjung yang datang kesana. Pengunjung didominasi dari kalangan kaum muda.

Mereka dengan antusias ingin berkunjung dengan sekedar hanya melihat-lihat dan jalan-jalan disekitar tempat tersebut. Sebagian kecil juga ada dari mereka yang berkunjung kesana ingin mandi ditempat tersebut. Biasanya anak-anak yang banyak mandi ditempat tersebut.

Jika anak-anak biasaya ditemani oleh orang tua mereka, hal tersebut harus dilakukan karna mengingat arus air disana juga deras dan juga tidak ada petunjuk kedalaman tempat mandi disana. Jadi orang tua harus extra menjaga mereka, terutama bagi anak kecil yang belum bisa berenang.

Asal Usul Pantai Supi Sungai Pinang

Kata "SUPI", mempunyai kepanjangan yaitu "SUNGAI PINANG", sehingga jika dibaca panjang PANTAI SUNGAI PINANG dan dapat disingkat atau biasa orang menyebutnya PANTAI SUPI. Asal usul nama tersebut tidak tahu siapa yang memberi nama tempat tersebut. Dari telinga ke telinga yang didengar orang adalah mereka menyebutnya PANTAI SUPI.

Kawasan pantai tersebut terbilang mudah di untuk dikunjungi. Karna tidak jauh dari Jl. Raya Lintas Timur. pantai tersebut berlokasi di Jl. Kol H. Animan Achyat atau arah ke masjid Al-Muhajirin, dapat dijangkau melalui kendaraan roda 2 atau roda 4. Ditempat tersebut telah ada tempat penitipan kendaraan, untuk anda tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan. Karna anda dapat menitipkannya dengan aman.

Kepala Desa Sungai Pinang I, Aan Feriansyah mengatakan, Pantai Supi adalah aset wisata alami, jadi tinggal memoles sarana dan prasarana penunjang. Untuk memilihnya, pihaknya manfaatkan dana desa untuk membangun infrastruktur penunjangnya serta akan dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, supaya dapat dikelola secara profesional dan memberikan pemasukan ke kas Desa,” katanya.

Untuk tahap awal, Pemerintah Desa Sungai Pinang I sudah membangun Dam di bibir sungai yang nantinya akan digunakan sebagai sarana ruang terbuka hijau tempat santai para pengunjung Pantai Supi.

Ditambahkannya, di lokasi Pantai Supi tersebut terdapat hamparan pasir yang bersih, sehingga pengunjung dapat bermain sembari melihat keindahan hamparan pasir Sungai Ogan.

“Keberadaan pantai itu, sudah diketahui publik, akan tetapi masih perlu banyak promosi dan mengundang sejumlah jurnalis lokal,” tambahnya.

Sebagai informasi, pihak pengelolah hanya menetapkan tarif masuk 5 ribu rupiah, sedangkan parkir pintar-pintar aja yah, yang penting aman, kalo mau berbayar juga ga tarifnya normal kok, antara 2ribu rupiah hingga 10ribu tergantung situasi dan kondisi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.