Header Ads

Gajah Sumatera Di Wisata Konservasi Padang Sugihan Sebokor

wisata padang sugihan gajah sumatera
Metropalembang - Gajah Sumatera di Ekowisata Padang Sugihan Sebokor - Salah satu konservasi flora dan fauna yang dimiliki Kabupaten Banyuasin adalah Hutam Suaka Margasatwa Padang Sugihan. Salah satu spasies terbanyak di hutan ini adalah kawanan gajah Sumatera yang memungkinkan kpengunjung untuk berinteraksi lebih dekat.

Terdapat sekitar 30-an ekor gajah Sumatera disini, tentu siap menemani pengunjung berkeliling area seluas puluhan kilometer itu dengan cara ditunggangi secara langsung bersama pawang.

Pawang-pawang gajah disini tampak begitu ramah dan senang hati melayani pengunjung yang ingin kontak langsung dengan para gajah. Karena itu tak jarang pengunjung memberikan sejumlah tip kepada pawang yang sedang bertugas saat itu. Hmm ga banyak-banyak sih, seikhlas pengunjungnya saja, biasanya bervariasi mulai 30 ribu rupiah sampai Rp 100 ribu rupiah.

Untuk mendatangi lokasi konservasi ini tak begitu sulit, pengunjung bisa menggunakan speed boat dari Dermaga Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang. Dengan kecepatan selaw, pengunjung akan tiba di dermaga PLG Padang Sugihan sekitar 2 jam-an, dan ongkosnya pun hanya 70-100 ribu rupiah per orang (tergantung mood sopirnya sih).

Saat ini di SM Padang Sugihan ada sekitar 40 pawang terlatih, juga sudah ada infrastruktur penunjang seperti tangga untuk penggunjung jika ingin menaiki gajah. Selain itu, para wisatawan juga dapat melihat secara langsung alam tempat tinggal gajah yang berdampingan dengan hutan gambut.

Beberapa kuliner khas perairan seperti Sate Kerang, Pempek atau Bakwan Udang, Kerupuk, Kempelang, Opak Ubi dan lain sebagainya banyak dijual disini guys. Jadi yang ga tahan laper ga perlu was-was kok.... ;)

Oya hutan Konservasi atau Suaka Margasatwa Padang Sugihan ini berada di jalur 21 Sungai Musi, yang berada di tengah-tengah antara Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dengan begitu, secara otomatis  kawasan ini dikelolah langsung oleh dua Pemerintah Daerah tersebut.

Peta Lokasi Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan Sebokor Banyuasin



Informasi Hutan Konservasi Padang Sugihan

Suaka Margasatwa Padang Sugihan, secara administrasi terletak di antara Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Suaka Margasatwa ini mencakup area dataran rendah dari banjir periodik hutan, rawa dan padang rumput.

Habitat ketika taman didirikan termasuk hutan rawa gambut , rawa padang rumput, hutan rawa sungai dan hutan kering Melaleuca. kawasan hutan Gambut-rawa membanjiri sebagian besar tahun, sementara sisanya daerah banjir taman berkala hingga kedalaman 1-1,5 meter.

Luas  : 75.000 Hektar
Tanggal diresmikan : 19 April 1983
Flora : Semak, Rawa, Sungai, Hutan Mangrove, Gelam, Lumut, Paku-pakuan.
Fauna : Hewan yang terdapat dalam konservasi ini adalah kawanan liar yang terancam punah adalah Gajah Sumatera. Hewan lain tercatat di taman termasuk Leopard Cat, Fishing Cat, Malayan Sun Bear, Hairy-nosed Otter, Small-clawed Otter, Masked Palm Civet, Otter Civet, Agile Gibbon, Southern Pig-tailed Macaque, Crab-eating Macaque, Silvered Leaf Monkey, Greater Mouse Deer, Lesser Mouse Deer, Wild Boar, Bornean bearded pig, Sambar Deer, dan sebelumnya terancam punah Harimau Sumatera.

Dan sejumlah spesies burung juga terdapat disini termasuk Storm's Stork, White-winged Duck dan the Great Hornbill.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.