Header Ads

Wisata Kampung Air Pulau Kemaro, Akan Terus Dikembangkan

wisata kampung air pulau kemaro palembang

metropalembang - Pemkot Palembang dan PT Pegadaian bekerjasama dalam mengembangkan potensi Wisata Kampung Air Pulau Kemaro. Sebelumnya kita juga sudah pernah menerbitkan artikel tentang legenda atau cerita Pulau Kemaro yah.

Dilansir dari halaman Sripoku, Ada sejumlah program wisata yang ditawarkan Pemerintah Kota Palembang antara lain pengembangan Kampung Air di Pulau Kemaro, pembangunan air mancur menari di Kambang Iwak, pengadaan perahu kajang wisata, hingga pengelolaan bungalow Pulau Kemaro.

"Kami mohon dukungan seluruh pihak khususnya BUMN dalam pengembangan pembangunan Kota Palembang. Tanpa peran serta bersama akan sulit bagi kita untuk mengoptimalisasi program pembangunan yang direncanakan pemerintah," ujar Walikota Palembang H Harnojoyo, Rabu (9/1/2019), saat audiensi jajaran Pimpinan Wilayah III PT Pegadaian (Persero) di Rumah Dinas Walikota Palembang.

"Pemerintah Kota Palembang memiliki sejumlah tawaran untuk CSR misal pembangunan air mancur menari dan pengembangan kampung air Pulau Kemaro," ujarnya.

Menanggapi hal ini Pimpinan Wilayah III PT Pegadaian (Persero) Eka Pebriansyah mengaku, pihaknya siap menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang.

Program CSR yang telah direalisasikan adalah penataan kampung air Pulau Kemaro. Selain itu pihaknya juga sedang merealisasikan pengadaan tiga perahu kajang wisata. Dijelaskannya, Pegadaian memiliki program CSR sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Beberapa hal yang sudah dilakukan Pegadaian di antaranya Pegadaian clean and gold, yaitu menampung sampah warga yang dihargai dalam bentuk tabungan emas.

"Warga membawa sampah ke Bank Sampah yang ditunjuk, kemudian sampah itu dihargai. Saat ini sudah dilakukan Pegadaian Talang Kelapa Alang Alang Lebar," ujarnya.[next]

Investasi Di Kampung Air Pulau Kemaro

Sebelumnya pada Desember 2018 yang lalu, halaman Sripoku juga menerbitkan berita yang membahas bahwa secara resmi Pemerintah Kota Palembang menawarkan Kampung Air Pulau Kemaro kepada Investor manapun yang berminat mengembangkannya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata kota Palembang, kini sedang gencar menggalakkan wisata buatan, mengingat masa liburan panjang Natal dan Tahun Baru tidak lama lagi.

Selain itu, demi mengembalikan Julukan Kota Palembang yang dikenal dengan Vanesia dari Timur, Kampung Air Pulau Kemaro salah satunya digalakan untuk menggaet para wisatawan baik lokal maupun mascanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, saat ini pihaknya sedang gencar menggalakan destinasi buatan, bahkan bisa diakses dari jalur darat dan sungai. 

"Kampung Air Pulau Kemaro ini Posisi yang sangat strategis, karena menyambungkan dengan Pagoda dan home stay di Pulau Kemaro," ungkap Isnaini dikonfirmasi Sripoku.com, Sabtu (8/12/2018). 

Dari itu, seperti Kelenteng, Pagoda serta Home Stay yang ada di Pulau Kemaro sedang ditawarkan dengan pihak ke tiga selaku pengelola. Sehingga wisata seperti demikian, bisa menimbulkan kesan unik pada wisatawan yang berkunjung.

"To The Village Pulau Kemarau kita harapkan bisa memberikan suatu yang beda di dunia pariwisata Kota Palembang. Semoga secepatnya bisa beroperasi," ujar dia.

Menurut Isnaini, saat ini seperti diketahui sungai di Palembang kadar airnya sudah semkain cercemar dari limbah domestik.

Namun demikian, Pemerintah Kota dalam hal ini mendapat bantuan pembuatan IPAL (Instalasi Air Limbah) dari Pemerintah Australia untuk mengatasi pengelolaan limbah skala perkotaan.

"Harapan kita agar kadar air di aliran anak-anak sungai yang mengarah ke Sungai Musi bisa terjaga dan bersih, sehingga tidak hanya bisa dilalui namun bisa kita nikmati keindahan ikan-ikan yang berkeliaran," jelasnya.

Selain itu, terkait dengan masih banyaknya sampah dan eceng gondok, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait guna membersihkan wilayah tersebut.

"Iya, nanti kita akan minta bantuan dengan dinas terkait dan tokoh masyarakat setempat," ujarnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.