Klenteng Dewi Kwan Im Palembang Siapkan Perayaan Imlek 2019

Februari 04, 2019

Metropalembang - Klenteng Dewi Kwan Im Palembang Siapkan Perayaan Imlek 2019 - Mendekati perayaan Tahun Baru Imlek yang diperingati Tanggal 5 Februari 2019, Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang yang berada di kawasan 9/10 Ulu ini sudah melakukan sejumlah persiapan.

Persiapan tersebut, seperti membersihkan patung dan seluruh kawasan kelenteng guna menyambut para umat yang hendak beribadah. 

Humas Kelenteng Dewi Kwan Im, Harun mengatakan tidak ada persiapan khusus menyambut perayaan tahun baru Imlek, yakni hanya sebatas pembersihan hingga pemasangan lampion.

“Sama seperti tahun-tahun lalu jadi tidak ada yang spesifik persiapan untuk menyambut Imlek ini. Hanya saja untuk tradisi pelepasan burung pipit atau Fhang Seng yakni filosofinya melepaskan satwa liar agar supaya rezeki kita bisa lancar. Namun itu tergantung individu masing-masing," jelas dia, Jumat. 

Menurut dia, pelepasan satwa tersebut biasa dilakukan. Meski tidak termasuk dalam rangkaian perayaan Imlek, namun dilakukan oleh sejumlah individu lantaran diyakini untuk buang membuang sial, serta meminta rezeki.

Imlek di Kelenteng Dewi Kwan Im atau Candra Nadi Soei Goeat Kiong

Perayaan imlek ini dijadikan sebagai rasa syukur warga Tionghoa karena telah diberikan kesempatan ditahun sebelumnya untuk berbuat baik, kemudian diberikan rezeki, dan kesehatan pada tahun depan. 

"Tahun baru imlek ini diharapkan mampu diberikan kesehatan yang prima, rezeki yang lancar, negara yang aman. Hukum sebab akibat, jika kita berbuat baik maka kedepan akan ada yang berbuat baik kepada kita,” jelaas Harun.

Menurutnya, permintaan individu ini sendiri tergantung dari pribadi masing-masing, seperti melakukan doa langsung kepada para dewa, memberikan sejumlah persembahan seperti melepaskan burung dari sangkar dan lain sebagainya.

“Kalau pun ada permintaan khusus itu tergantung dari individu masing-masing,” jelas Harun.

Selain itu, lanjut Harun, salah satu persiapan yang dilakukan di Klenteng kenamaan di kota pempek itu diantaranya, pemasangan 1.800 lampion.

"Warga juga sudah beraktivitas untuk berdoa, sembari pihaknya juga membersihkan serta melakukan pengecatan di beberapa tiang, dan penyusunan beberapa kertas ibadah," ujarnya.(cr2) Sumber: https://bit.ly/2DQ18S5

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images