Header Ads

Lagu Daerah Ciptaan Seniman Palembang Melawan Modernitas

Delapan senimal asal Kota Palembang yang menciptakan lagu berbahasa daerah (sumber : Liputan6.com / Nefri Inge)

MetroPalembang.com - Lagu wilayah  Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel)sekarang  semakin meningkat  dengan hadirnya delapan lagu ciptaan semua  seniman lokal.

Tembang berbahasa wilayah  ini pun diciptakan  oleh delapan seniman Palembang, guna  kembali meningkatkan kerinduan  terhadap tradisi dankebiasaan  daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Kebudayaan (Disbud) Palembang Lisa surya Andika mengatakan, delapan lagu karya seniman wilayah  ini sudahmelalui  masa penyeleksian yang ketat.

"Saat ini anda  sedang mempersiapkan proses perekaman dan penciptaan  video klip. Nantinya bakal  ditayangkan menjadi satu album lagu wilayah  Kota Palembang," ujarnya untuk  Liputan6.com, Sabtu (27/4/2019).

Delapan lagu wilayah  yang sukses  lolos seleksi yakni  Musiku Nan Elok karya Athan, Tugu Belido karya Iswati Fersida, Cindo karya Andi Pedo dan Rentak Bidar karya Kamsul Arifuddin.

Lalu ada pun  lagu berjudul Palembang Emas Darussalam dari seniman Bubun Rockrace, Anwar yang membuat  lagu berjudul Jerambah Kertapati, seniman senior Yai Beck yang menciptakan  lagu dengan judul Ayun Basemah serta Jajanan Palembang dari Washington.

"Dokumentasi lagu-lagu wilayah  terbaru ini, saya dan anda lakukan  untuk melestarikan lagu wilayah  di Kota Palembang. Agar generasi mudapun  terus memakai  bahasa daerah, dengan sekian banyak   cara, salah satunya dengan bermusik," ujarnya.

Salah satu pencipta dan biduan  lagu wilayah  ini yakni  Bubun Rockrace, ternyata mempersiapkan lagu Palembang Emas Darussalam dalam masa-masa  singkat.

Aktivitasnya yang pun  bergelut di dunia jurnalistik, menciptakan  dia semakin memahami  dengan keindahan dan kebanggannya sebagai penduduk  Kota Palembang.

"Ini ilham  dari kehidupan sehari-hari, lagipula  saya masing-masing  hari mobile di Kota Palembang. Banyak hal unik  yang me sti anda  angkat, salah satunya melewati  bermusik," ungkapnya

sumber : liputan6

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.